Update

Disclaimer: Ini adalah opini pribadi, dan berusaha saya tulis seobjektif mungkin. Saya bukan produser ataupun musisi, hanya penikmat musik yang terkadang membuat lagu.
Wuih…sound gitarnya…begitu komentar dihatiku pertama mendengar beberapa lagu mereka. Yang Pertama ku dengar adalah lagu dengan judul ANAK STUDIO, telinga ini langsung kebayang band-band rock metal tahun 80an. Namun memang ada beberapa tambahan beberapa sampling dan nada-nada pentatonic ala gamelan jawa, baik dari melodi maupun nada lagunya.
Secara sepintas, saya juga langsung kepikiran dengan lagu-lagu Slank ketika pay, bongky, dan indra Q masih bergabung, dan juga band “rockomedi” asal Bandung, SEURIUS. Bayangan itu muncul ketika aku sudah menikmati lagu LOVE EMANG ANJRIT, MY WIFE VERY DANGEROUS, dan SAAT KU BRUTAL, SI BAJU BIRU, THE PANU FANS CLUB, pasalnya udah musiknya nge-rock banget tapi juga mengandalkan lirik-lirik yang terkesan humoris. Namun, ada beberapa juga lagu yang terkesan agak social yang berisi
tentang kehidupan. Secara skills player, dalam bayangan saya mereka memang memiliki skills yang lebih dari pada band-band lain, dan hal inilah yang membuat aku mengambil kesimpulan bila mereka adalah tipe-tipe band metal 80an yang terkadang mengutamakan sisi musikalitas dan skills.
Secara musikalitas, ELEX YO BEN memang memiliki sound engginer yang mantap, walaupun pada beberapa lagu masih ada patch-patch yang agak berantakan+agak pecah, soalnya ada beberapa loop drum (sepertinya pake fruity loops) yang agak gak masuk. Mantapnya sound engginer mereka ini terdengar dari hasil musiknya yang hobi menggabung-gabungkan atau memotong-motong pada nada-nada tertentu atau memasukkan beat yang tadinya slow masuk ke music yang up beat ataupun pembagian keluar masuknya sound antara left & right. Jika mendengarkan lagu GENDING BEJAD, sungguh kerasa benar music metal 80an yang dimix dengan beberapa lagu dengan nada pentatonic. Ditambah lagi dengan beberapa vocal growl pada beberapa lagunya. Musikalitas mereka pantas diacungi 4 jempol. Di bagian vocal, juga  ada beberapa bagian yang mengingatkan saya dengan PAS BAND, yaitu di lagu PERANGKAP ROCK N ROLL. Oiya, ada juga yang dire-arensemen jadi bossas…wuih, menyenangkan tuh denger lagu itu…perlu didengarkan sendiri tuh lagu apanya hehehe
Over all, lagu-lagu mereka pantas buat didengerin bagi mereka-mereka yang bermusikalitas tinggi hehehehe…maklum, genre mereka gak mainstream sih hehehe tapi lirik mereka masih bisa dinikmati semua orang…tapi inilah yang menjadi acungan jempol. BTW, kalo mereka di Amerika dan udah punya album pasti ntar ada keterangan PARENTAL ADVISORY EXPLICIT LIRIC hehehe….salut untuk Elex Yo Ben Band….karena namanya itu, sejelek-jeleknya review ku mereka pasti tetap maju…lha wong elek yo ben jeh namanya hehehe….Viva Elex Yo Ben!

Writer:
Faiz Mudhokhi is....
Guidance & Counseling Teacher - Event Creative - Musician - Marcomm - Blogger  
Official Weblog: http://www.faizperjuangan.com
Marcom Counselor Weblog : http://faizperjuangan.wordpress.com  
Seorang Lelaki Biasa Weblog : http://faizperjuangan.blogspot.com  
Seorang Guru Yang Selalu Berusaha Belajar Weblog : http://faizperjuangan.blogdetik.com  
Papan Bimbingan Online : http://www.bksmkn3jogja.org

No Comment to " ROMANTISME ROCK 80an BERBUMBU KONTEMPORER (Review lagu Elex Yo Ben Band) "