Update

Arya Nugraha -atau lebih dikenal dengan Arya-, lelaki asal bali ini adalah salah satu penyanyi yang mewarnai blantika industri musik Indonesia. Segudang prestasi dalam dunia tarik suara telah didapatnya untuk mampu merintis karir di industri musik Indonesia, dimulai dengan menjadi juara Bintang Radio & TV Remaja Tk Propinsi Bali di Bali lalu menjuarai Festival Penyanyi Bali (Pesta Kesenian Bali dan Pekan Seni Remaja Bali) di Bali dan berturut-turut menjadi juara I kategori Keroncong dan Pop.
Selain itu, Arya juga sempat membintangi beberapa sinetron FTVdi TVRI dan TPI. Tak hanya itu saja, kemampuan bernyanyinya pun sudah dijajal oleh beberapa musisi handal di Bali dan salah satunya adalah Dewa Budjana album "Nyanyian Dharma I”, hingga pada akhirnya Arya berhasil go nasional dengan membawa nama Bali ke tingkat nasional dalam ajang Kontes Dangdut TPI (KDI 2) hingga mencapai tingkat 10 besar.Suatu prestasi yang sangat mengagumkan karena melihat dangdut yang sangat jarang peminatnya di Bali. Walaupun bukan "akar"nya, Dangdut tetap dinyanyikan penuh penjiwaan dan profesional sebagai seorang penyanyi.

Kini, setelah dikontrak selama 3 tahun oleh KDI yang notabene adalah musik beraliran dangdut, Arya telah kembali ke "akar" musiknya, POP. Pada Oktober 2009 lalu, Arya muncul dengan nuansa baru dan luar biasa. Dengan digandeng oleh produser asal asal Finlandia, Marko Stjarnvall, Arya menunjukkan musikalitasnya dalam album barunya yang bernuansa POP. Dalam lagu ini, Arya membuat kolaborasi dengan Tommi Kaikonen, seorang penyanyi,musisi,composer dan arranger asal Finlandia. Dengan first Hits Single "Engkaulah Nafasku", Arya menunjukan pada masyarakat Indonesia tentang kualitas musisi bali, terutama sebagai seorang penyanyi.

Luar biasanya lagi, Arya menggarap Video Klipnya langsung di Finlandia. Syuting dalam kondisi dingin di atas pegunungan finlandia. Untuk mengenal single ini di penikmat musik di Indonesia, Arya bekerjasama dengan label rekaman Aquarius untuk mempromosikan lagu ini. 
 








Saya copy dari website arya http://www.arya.fi, ada cerita tentang debut barunya ini dalam lagu ini.
Dua kebudayaan bertemu dalam lagu                                      
Seorang Artis yang berasal dr Bali, bersama dengan Tommi mengeluarkan single yang unik berjudul Engkaulah Nafasku. Music dan video yang unik dan berbahasa Indonesia di pengaruhi oleh pemandangan musim dingin dari Lapland, finish dan itu adalah suatu bahasa yang tidak jarang didengar atau tidak lazim.
Project ini dimulai dari seorang produser asal Finland yang bernama Marko Stjarnvall dimana itu terjadi saat dia mendengar Arya bernyanyi di event malam tahun baru di sebuah hotel diBali pada saat itu dia lagi berlibur bersama keluarganya.
Arya dan Marko begitu cepat menyatukan dua industry music Indonesia dan Finland sesuai dengan dasar kebudayaan music tersebut. Arya menyanyikan salah satu lagu ciptaan marko dinyanyikan dalam bahasa Indonesia dalam 24 jam, mereka dalam studio rekaman. Mereka berdua setuju untuk saling berkerja sama untuk selanjutnya.
Marko berujar seraya tersenyum saya sudah menjadi produser selama 14 tahun di Finland dan menunggu project itu datang dalam hidupku, dan akhirnya saya menemukannya. Saya hanya tidak dapat percaya itu akan datang dari Indonesia.
Marko berkonsultasi dengan seorang musisi/penyanyi Tommi Kaikkonen dalam proyek ini., dan mereka bersama-sama mengumpulkan beberapa lagu finlandia untuk dipilih oleh Arya. Akhirnya mereka berangkat ke Jakarta untuk mencari perusahaan rekaman untuk mempromosikan lagu tersebut. Dan memutuskan bekerja sama dengan Aquarius Musikindo, yang termasuk salah satu perusahaan rekaman yang terbaik. Aquarius lebih tertarik dengan mengkolaborasi antara Arya dan Tommi untuk berduet dalam single pertama.
Lokasi music video shooting itu berada di bagian tengah finlandia, tepatnya di Lapland pada saat musim dingin. Untuk melihat video Engkaulah Nafasku, kunjungi www.arya.fi
Aquarius musikindo sekarang sedang mempromosikan single tersebut di radio-radio Indonesia. Para pendengar sangat suka dengan single pertama ini dan selanjutnya akan promo on air di TV. Semua infomasi dan schedule promosi bisa dilihat di websitenya arya: www.arya.fi
Marko Stjarnvall, Arya Nugraha dan Tommi Kaikkonen berada di Jakarta untuk promosi single ini adalah suatu pengalaman yang menyenangkan bekerja sama dengan arya dan membuat jembatan music bersama antara dua kebuadayaan yang berlawanan arah. "Kita hanya bisa menunggu dengan mimpi dan penuh perjuangan" tambah Marko stjarnvall
Meskipun bahasa Finland dan Indonesia tidak ada hubungannya sama sekali, ada beberapa kata finland yang sama dengan Indonesia, contohnya Lampu yang artinya Lamppu, dan ada beberapa kata yang kemungkinan berasal dari Belanda dipakai oleh orang finland dan bahasa swedia dan belanda yang diambil dari German yang merupakan Negara tetangganya.
Bagi marko, bahasa Indonesia dan finland juga punya kesamaan seperti: Sama artinya Sama. Tetapi dengan keunikan ini dapat mengenal masing bahasa lebih mudah dan merayakan music ini.
Buat event organizer yang mau mengundang Arya bisa menghubungi:
LABERNA ENTERTAINMENT
Jl.Albaidho-H.Buang Kav 92 Lubang Buaya 13810
Jakarta-Indonesia
Providing KDI 'n many others artist for your event
Contact person : Lus aGus +62815 865 92900
                          BernaDete +62813 1088 3387
E-mail : laberna_kdi@yahoo.co.id
Lihat Video Arya-Love Song di http://www.arya.fi/ 


KLIK GAMBAR DIBAWAH INI





No Comment to " Arya Nugraha: Beralih ke POP dengan Lagu dan Video Klip Luar Biasa "