Update

Grup band yang digawangi Donny (vokalis), Indra (gitaris) dan Andre (basis) ini terbentuk tahun 2005. Awalnya, Truff terdiri dari 5 personil, yaitu Donny, Andre, Indra, Daus (rhythm guitar dan song writer) dan Riza (drum). Truff memiliki dua arti, yaitu “True Friend Forever” dan arti yang kedua diambil dari salah satu permainan kartu. Jika di satu sisi, Truff ingin bersama selamanya, maka dalam arti yang kedua, Truff memang seperti ‘bertarung’ dalam kancah musik Indonesia. Dalam ngeband, juga terjadi yang namanya seleksi alam. Daus dan Riza mengundurkan diri. Akhirnya, Desember 2008 hingga kini, Truff hanya digawangi oleh Donny, Indra, dan Andre. Khusus di album kompilasi ini, Truff mencoba menawarkan ke pasar musik di Tanah Air, dua buah lagu yang sarat dengan warna pop rock dengan lirik-lirik dan musik yang ringan.

Mengaku kuat di lirik dan musik
Konon, kekuatan sebuah grup band sangat bergantung kepada vokalis, alunan musik dan kekuatan seorang dramer. Meskipun, ada juga yang mengatakan bahwa cabikan gitar, petikan bas, dan permainan kibordis juga sangat mendukung. Bagi Truff, semua punya peranan yang sangat penting.
“Kalau dulu semuanya sudah satu paket, nongkrong juga biasa berlima, kini hanya tinggal bertiga dan komposisinya cuma ada vokalis, gitaris dan basis. Dengan formasi seperti itu, Truff tetap optimis dalam bermusik dan mereka ingin membawa nama Truff bisa dikenal dan dicintai penggemar musik di Tanah Air.
“Dengan Truff, kami mencoba menawarkan sebuah sentuhan musik pop alternative. Lebih tepatnya, pop berbalut rock. Lantas, kalau ada yang bertanya Truff itu cirinya di mana, maka kami akan menjawab bahwa Truff itu kuat di musik dan di lirik. Dan tema lagu-lagu Truff tetap tentang cinta. Tapi, cintanya nggak lebay-lebay amat. Rock yang ditawsarkan Truff juga lebih modern dan nggak berisik. Karena, biar bagaimanapun kita harus kompromi sama pasar,” ungkap Donny dan Indra bergantian..

Ingin cermat dalam berkarya
Dengan menjamurnya grup-grup band di Tanah Air, Truff tetap optimis, bahwa mereka tetap dapat tempat di hati penggemar musik di Tanah Air. Buktinya, dari website mereka, lumayan  banyak yang menyanyakan, kapan Truff akan segera merilis album. Dan di album kompilasi dengan label Trinity ini, Truff hadir membawakan dua buah lagu, yaitu Masih Sayang dan Maafkan Aku.
Kedua lagu ini, dinyanyikan Donny dengan tempo yang tidak terlalu cepat. Penyampaian liriknya pun tidak bertele-tele. Bagi yang suka dengan warna musik seperti Truff, mungkin Truff akan menjadi pilihan. Lain dengan mereka yang gemar dengan rock yang keras.
“Pada akhirnya, kami memang harus jeli melihat pasar. Bermusik itu bukan harus idealis semata, tetapi juga kita harus cermat  dalam berkarya. Tujuannya agar lagu dan musik kami diterima, dan disukai,” aku Donny.

Truff  bukan rock yang berat
                Ketika bicara masalah perkembangan musik di Tanah Air, bagi Truff, musik Indonesia dewasa ini, dengan mencoba melihat warna musik dan lagu yang mereka bawakan, terlihat bahwa bagi Truff, musik Indonesia sekarang ini, tengah memasuki fase yang berkembang dengan sangat pesat. Dalam arti, Truff mengamati, bahwa tren musik di Indonesia ini sebenarnya agak berubah-ubah.
“Jadi, kami dari Truff juga harus mencermati banget dalam berkarya. Karena sebenarnya kan bukan kami sendiri saja yang bisa menikmati, tapi orang lain juga. Harus kompromi sama pasar, tanpa harus meninggalkan cirri kami,” jelas Donny.
Dengan hadirnya Truff, Donny, Indra dan Andre berharap jenis musik dan lagu yang mereka sampaikan bisa diterima di masyarakat Indonesia. Kalau bisa nama Truff juga bisa terdengar ke seluruh penjuru Indonesia. Untuk ini, Truff sadar, semuanya adalah proses waktu. Di face book, sambutan dari fans Truff, yang dijuluki sebagai Paratruffers, cukup bagus. Banyak yang bertanya kapan Truff akan segera me-launching album.
“Dan jawaban kami adalah semua ini akan sangat tergantung dari label Trinity,” tambah Donny. Yang pasti, jika Anda mengaku penggemar Turff, pasti akan langsung kenal Truff begitu ada intro, lalu masuk vokal. Lebih jelasnya, Anda bisa menikmati langsung warna musik dan suguhan lagu Truff.


PT. TRINITY OPTIMA PRODUCTION

Jl. Hayam Wuruk No. 58 Jakarta, Telp. 021 601 2700 Fax. 021 601 4644
 



Writer:
Faiz Mudhokhi is....
Guidance & Counseling Teacher - Event Creative - Musician - Marcomm - Blogger  
Official Weblog: http://www.faizperjuangan.com
Marcom Counselor Weblog : http://faizperjuangan.wordpress.com  
Seorang Lelaki Biasa Weblog : http://faizperjuangan.blogspot.com  
Seorang Guru Yang Selalu Berusaha Belajar Weblog : http://faizperjuangan.blogdetik.com  
Papan Bimbingan Online : http://www.bksmkn3jogja.org

No Comment to " TRUFF Band : Menghadirkan Rock Modern di Album Kompilasi "